Mengenal Secara Singkat International Islamic University Malaysia (IIUM), Malaysia

Gambar terkait

Sejarah Singkat

Ide tentang institusi pendidikan islam internasional pertama kali disusun pada tahun 1982 oleh perdana menteri ke 4 Malaysia, Mahathir Mohamad dalam pertemuan khusus antara pemimpin OIC untuk mendirikan sebuah lembaga internasional untuk pendidikan tinggi berdasarkan prinsip-prinsip Islam. Akhirnya tugas mempersiapkan lembar kerja pertama pada konsep universitas ditugaskan kepada Assoc. Prof. Dr. Kamal bin Hassan dari universitas Nasional Malaysia.

IIUM secara resmi didirikan pada tanggal 23 Mei 1983 ketika Universitas menerima ‘ Pendirian Orde ‘ dari Yang Mulia Yang di Pertuan Agong – Sultan Haji Ahmad Shah Al – Musta’in Billah ( Raja Malaysia pada saat itu) , setelah pertukaran catatan diplomatik sponsor antara Pemerintah Malaysia dan sejumlah Pemerintah Muslim serta OIC . Pada tanggal 1 Juli 1983, Ahmad Shah diangkat sebagai Kepala Konstitusi pertama dari IIUM.

Bahasa pengajaran Universitas menjadi bahasa Inggris dan Arab, dan banyak mahasiswa nya akan di datangkan dari luar negeri. Sebagai hukum Malaysia tidak memungkinkan hal tersebut dilakukan, IIUM didirikan berdasarkan Companies Act tahun 1965. Oleh karena itu menjadi universitas internasional pertama dan universitas pertama di Malaysia menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar dan administrasi.

Secara resmi dibuka di Petaling Jaya (sebuah kota di luar Kuala Lumpur), dengan Allahyarham Tun Hussein Onn terpilih sebagai presiden pertama. Universitas beroperasi di bawah arahan Dewan Gubernur dengan perwakilan dari OIC serta delapan pemerintah mensponsori, yaitu; Malaysia, Bangladesh, Mesir, Libya, Maladewa, Pakistan, Arab Saudi dan Turki. Namun demikian, Kepala Konstitusi, Presiden dan Rektor universitas internasional ini adalah semua warga Malaysia.

Batch pertama 153 mahasiswa dari Malaysia dan luar negeri yang terdaftar untuk sesi akademis pertama, yang dimulai pada tanggal 8 Juli 1983. Program tersebut dilaksanakan di bawah Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Pusat Pengetahuan Fundamental dan Pusat Bahasa. Batch pertama ini menerima gelar dan ijazah mereka selama Convocation Pertama diselenggarakan pada tanggal 10 Oktober 1987. 68 lulusan diberikan gelar Bachelor of Economics (B.Econ), 56 Bachelor of Laws (LLB) derajat, dan 29 qadi yang dianugerahkan Diploma Hukum dan administrasi Peradilan Islam.

Kampus

IIUM memiliki beberapa kampus , fasilitas dan lembaga yang tersebar di beberapa negara bagian Malaysia , masing-masing dengan spesialisasi dan kepentingan masing-masing.

  • Kampus Gombak – kampus utama, dengan luas 700 hektar ( 2.8 km ² ) kampus di Gombak , Selangor . Ini adalah di mana sebagian besar fakultas berada.
  • Kampus Kuantan – terletak sekitar 250 km dari Kuala Lumpur . Di sinilah Ilmu kedokteran, Farmasi , gabungan ilmu kesehatan , fakultas Keperawatan dan Kedokteran Gigi berada.
  • Kampus Petaling Jaya – Kampus asli di Petaling Jaya telah dikonversi ke pusat matrikulasi dan sekarang dikenal sebagai Pusat Dasar Pendidikan ( CFS ) untuk Ilmu Pengetahuan dan mahasiswa Hukum.

Kampus memiliki semua fasilitas seperti asrama , perpustakaan , kompleks olahraga , masjid , toko-toko dan kantin.

Kampus utama IIUM terletak di lembah di distrik pedesaan Gombak, pinggiran ibukota Kuala Lumpur. Bangunan kampus ini bergaya islam elegan dikelilingi oleh perbukitan hutan kapur sekitar 700 hektar dan menarik fotografer dari antara penduduk lokal dan wisatawan. Kampus ini terkenal dengan atap keramik biru yang berkilau dan karakteristik dari bangunan batu pasir.

Di Kampus ini terdapat semua fasilitas yang dibutuhkan komunitas modern, termasuk mesjid yang dapat menampung hingga ribuan, komplek olahraga dengan kolam renang dengan ukuran untuk olimpiade, perpustakaan yang lengkap, klinik kesehatan 24 jam, pusat pengawasan anak, bank, kantor pos, restoran, toko buku dan toko klontong. Media komunikasi melalui seluruh kampus, memfasilitasi komunikasi instan dari salah satu kampus ke kampus lainnya.

Masjid Sultan Haji Ahmad Shah terletak di tengah lapangan kampus utama , saling berhubungan ke seluruh bangunan administrasi dan akademis . Ini adalah simbol dari kepercayaan Muslim bahwa pendidikan agama dan duniawi tidak dapat terbagi dan tidak terpisahkan satu dengan yang lainnya.

Alamat

Kampus utama IIUM terletak di Gombak di negara bagian Selangor. Sekitar 20 km dari pusat kota Kuala Lumpur. Aksesibilitas ke Kuala Lumpur dari kampus sangat mudah. Ada efisien bus dan taksi, dan stasiun LRT (metro) yang dekat dengan kampus.

Petunjuk terkenal lainnya di Gombak adalah Batu Caves.

Pelayanan

Sejak awal berdirinya, IIUM telah memberikan pelatihan akomodasi 100% untuk mahasiswa prasarjananya. Untuk mahasiswa pascasarjana, akomodasi disediakan berdasarkan ketersediaan kamar. Prioritas diberikan kepada mahasiswa non-Malaysia, khususnya mahasiswa dari newest intake.

Saat ini, IIUM memiliki 16 mahallah yang menampung sekitar 14.000 mahasiswa dari berbagai negara dan budaya. Setiap mahallah dipimpin oleh Kepala Sekolah dan dibantu oleh staf administrasi dan anggota. Staf berkonsentrasi pada kebutuhan administrasi dan pemeliharaan kebutuhan mahallah, sementara rekan-rekan fokus pada hal-hal dan kegiatan mahasiswa.

Kamar Single

  • Secara khusus disediakan untuk mahasiswa pascasarjana yang dianggap dewasa dan membutuhkan lebih banyak privasi
  • Mahasiswa prasarjana juga dapat menggunakan jika lowongan tersedia,
  • Tarif sewa untuk mahasiswa IIUM adalah RM 7.00 / hari / orang

Kamar Berbagi-4 orang

  • Ruangan menampung empat mahasiswa di unit ruangan yang terpisah. Meskipun empat mahasiswa berbagi pintu utama untuk unit, setiap mahasiswa sebenarnya memiliki ruang pribadinya / ruangan sendiri untuk mendapatkan privasi.
  • Setiap ruangan yang terpisah dilengkapi dengan tempat tidur tunggal, meja belajar dan kursi, lemari, rak buku atau rak buku
  • Tarif sewa untuk mahasiswa IIUM adalah RM 3,50 / hari / orang

Kamar Elite (untuk mahasiswa pria dan perempuan)

  • Kamar Standar (RM 510/ Bulan)
  • Termasuk kamar mandi dengan pancuran air hangat
  • AC
  • Perlengkapan Kamar Tidur Standar
  • Sofa Tunggal & Meja Kopi
  • Dapur & Koin yang mengoperasikan binatu (fasilitas umum)

Catatan: Tarif sewa tidak termasuk biaya listrik.

Kamar Upgraded (RM 600/ Bulan)

Menambah ruang yang ada:

  • TV, kulkas kecil
  • Perlengkapan tempat tidur/ selimut dan sprei
  • Teko Listrik
  • Perlengkapan Minum
  • Dapur & Koin yang mengoperasikan binatu (fasilitas umum)

Penghargaan

  • In 2004, Irma Nur Zahrah Bt. Junian from IIUM won the Public Speaking Competition of World University Debating Championship (WUDC).
  • In 2007, IIUM won the WUDC title for English as a second language.[10] In 2008 world ranking of World Debate website, IIUM had the 14th place among the top universities of the world.
  • In the field of research, students of IIUM have received recognition at regional and international level by winning gold, silver and bronze medals at various exhibitions and expos, including PENCIPTA, INPEX, ITEX, Geneva and KIPA.

    Sumber: https://www.easyuni.co.id

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s