Sifat-Sifat Penghuni Surga

Hasil gambar untuk pintu surga dalam islamSurga merupakan suatu tempat yang dipenuhi segala kenikmatan yang telah Allah Ta’ala sediakan bagi hamba-hambaNya yang bertakwa. Kenikmatan yang ada di dalamnya adalah suatu bentuk kenikmatan yang belum pernah dilihat oleh mata manusia ataupun didengar oleh mereka. Suatu kenikmatan yang tiada bandingannya dengan apa yang ada di dunia ini.

Setiap orang bercita-cita agar dirinya bisa masuk surga. Karena dengan masuk surga, segala apa yang diinginkan olehnya pasti ada. Dan di dalam surga tidak ada rasa susah, derita, musibah, siksaan, atau hal-hal yang tidak mengenakkan lainnya. Di dalam surga yang ada hanyalah kesenangan dan kenikmatan yang memang akan Allah berikan kepada mereka yang selama di dunia bisa sabar dalam menahan hawa nafsu dan patuh dalam menaati segala perintahNya.

Begitu banyak ayat-ayat di dalam Al-Quran yang menjelaskan tentang kesenangan dan kenikmatan di dalam surga. Di antaranya adalah firman Allah Ta’ala:

وَبَشِّرِ الَّذِين آمَنُواْ وَعَمِلُواْ الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِن تَحْتِهَا الأَنْهَارُ …

“Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. …” (QS Al-Baqarah [2]: 25)

مَثَلُ الْجَنَّةِ الَّتِي وُعِدَ الْمُتَّقُونَ فِيهَا أَنْهَارٌ مِّن مَّاء غَيْرِ آسِنٍ وَأَنْهَارٌ مِن لَّبَنٍ لَّمْ يَتَغَيَّرْ طَعْمُهُ وَأَنْهَارٌ مِّنْ خَمْرٍ لَّذَّةٍ لِّلشَّارِبِينَ وَأَنْهَارٌ مِّنْ عَسَلٍ مُّصَفًّى وَلَهُمْ فِيهَا مِن كُلِّ الثَّمَرَاتِ وَمَغْفِرَةٌ مِّن رَّبِّهِمْ …

“Perumpamaan surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa yang di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tiada berubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air susu yang tidak berubah rasanya, sungai-sungai dari khamar yang lezat rasanya bagi peminumnya, dan sungai-sungai dari madu yang disaring. Dan mereka memperoleh di dalamnya segala macam buah-buahan dan ampunan dari Rabb mereka. …” (QS Muhammad [47]: 15)

ادْخُلُوا الْجَنَّةَ أَنتُمْ وَأَزْوَاجُكُمْ تُحْبَرُونَ، يُطَافُ عَلَيْهِم بِصِحَافٍ مِّن ذَهَبٍ وَأَكْوَابٍ وَفِيهَا مَا تَشْتَهِيهِ الْأَنفُسُ وَتَلَذُّ الْأَعْيُنُ وَأَنتُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

“Masuklah kamu ke dalam surga, kamu dan istri-istri kamu digembirakan. Diedarkan kepada mereka piring-piring dari emas dan piala-piala. Dan di dalam surga itu terdapat segala apa yang diingini oleh hati dan sedap (dipandang) mata dan kamu kekal di dalamnya.” (QS Az-Zukhruf [43]: 70-71)

فِيهِنَّ قَاصِرَاتُ الطَّرْفِ لَمْ يَطْمِثْهُنَّ إِنسٌ قَبْلَهُمْ وَلَا جَانٌّ

“Di dalam surga itu ada bidadari-bidadari yang sopan menundukkan pandangannya, tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka (penghuni-penghuni surga yang menjadi suami mereka), dan tidak pula oleh jin.” (QS Ar-Rahman [55]: 56)

Dalil-dalil tentang surga di atas adalah sebagian dari sekian banyak dalil yang ada di dalam Al-Quran yang menjelaskan tentang kehidupan para penghuni surga kelak di akhirat. Setelah membacanya, tentu kita ingin dan berharap semoga kita termasuk dari para penghuni surga tersebut. Nah, bagaimana sifat-sifat para penghuni surga itu?

Di antara sifat-sifat penghuni surga adalah:

1. Bertakwa kepada Allah Ta’ala

مَّثَلُ الْجَنَّةِ الَّتِي وُعِدَ الْمُتَّقُونَ تَجْرِي مِن تَحْتِهَا الأَنْهَارُ أُكُلُهَا دَآئِمٌ وِظِلُّهَا تِلْكَ عُقْبَى الَّذِينَ اتَّقَواْ وَّعُقْبَى الْكَافِرِينَ النَّارُ

“Perumpamaan surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa ialah (seperti taman), mengalir sungai-sungai di dalamnya, buahnya tak henti-henti, sedang naungannya (demikian pula). Itulah tempat kesudahan bagi orang-orang yang bertakwa. Sedangkan tempat kesudahan bagi orang-orang kafir ialah neraka.” (QS Ar-Rad [13]: 35)

Makna dari takwa adalah seperti yang telah dijelaskan oleh Thalaq bin Habib rahimahullah, yang mana beliau berkata:

التَّقْوَى عَمَلٌ بِطَاعَةِ اللهِ، عَلَى نُورٍ مِنَ اللهِ، رَجَاءَ رَحْمَةِ اللهِ، وَالتَّقْوَى تَرْكُ مَعْصِيَةِ اللهِ، عَلَى نُورٍ مِنَ اللهِ، خِيْفَةَ عِقَابِ اللهِ

Takwa itu adalah engkau melakukan ketaatan kepada Allah di atas cahaya petunjuk dari Allah, dalam rangka mengharap rahmat Allah. Dan engkau meninggalkan maksiat kepada Allah di atas cahaya petunjuk dari Allah, karena takut terhadap hukuman dari Allah.” (Ibnul Mubarak dalam Az-Zuhd [1343])

2. Beriman kepada Allah Ta’ala dan Gemar Beramal Shalih

وَبَشِّرِ الَّذِين آمَنُواْ وَعَمِلُواْ الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِن تَحْتِهَا الأَنْهَارُ

“Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya.” (QS Al-Baqarah [2]: 25)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ شَهِدَ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ، وَأَنَّ عِيسَى عَبْدُ اللهِ وَرَسُولُهُ وَكَلِمَتُهُ أَلْقَاهَا إِلَى مَرْيَمَ وَرُوحٌ مِنْهُ، وَأَنَّ الْجَنَّةَ حَقٌّ وَالنَّارَ حَقٌّ، أَدْخَلَهُ اللهُ الْجَنَّةَ عَلَى مَا كَانَ مِنْ عَمَلٍ

“Barangsiapa bersaksi (bersyahadat) bahwasanya tidak ada Ilaah yang berhak disembah selain Allah, tidak ada sekutu bagiNya; bahwasanya Muhammad adalah hamba dan RasulNya; bahwasanya Isa adalah hamba, RasulNya, kalimatNya yang Dia berikan kepada Maryam, dan ruh ciptaanNya; bahwasanya surga benar-benar ada; serta bahwasanya neraka benar-benar ada, niscaya Allah akan memasukkannya ke dalam surga sesuai dengan amalannya.” (HR Al-Bukhari)

3. Sanggup Menahan Nafsu selama Hidup di Dunia

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَأَمَّا مَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِ وَنَهَى النَّفْسَ عَنِ الْهَوَى، فَإِنَّ الْجَنَّةَ هِيَ الْمَأْوَى

“Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya. maka sesungguhnya surgalah tempat tinggalnya.” (QS An-Nazi’at [79]: 40-41)

4. Surga Dihuni oleh Orang-Orang Lemah dan Miskin

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

احْتَجَّتِ الْجَنَّةُ وَالنَّارُ، فَقَالَتِ هَذِهِ: يَدْخُلُنِي الْجَبَّارُونَ وَالْمُتَكَبِّرُونَ، وَقَالَتِ هَذِهِ: يَدْخُلُنِي الضُّعَفَاءُ وَالمَسَاكِينُ، فَقَالَ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ لِهَذِهِ: أَنْتِ عَذَابِي أُعَذِّبُكَ بِكِ مَنْ أَشَاءُ، وَقَالَ لِهَذِهِ: أَنْتِ رَحْمَتِي أَرْحَمُ بِكِ مَنْ أَشَاءُ، وَلِكُلِّ وَاحِدَةٍ مِلْؤُهَا

“Surga dan neraka berbantah-bantahan. Neraka berkata, “Orang-orang congkak dan sombong memasukiku.” Adapun surga berkata, “Orang-orang lemah dan orang-orang miskin memasukiku.” Lalu Allah ‘Azza wa Jalla berfirman kepada neraka, “Engkau adalah siksaKu, denganmu Aku menyiksa siapa pun yang Aku kehendaki.” Dan Allah berfirman kepada surga, “Engkau adalah rahmatKu, denganmu Aku merahmati siapa saja yang Aku kehendaki. Dan masing-masing dari kalian berdua berisi penuh.” (HR Muslim)

Di hadits yang lain, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

أَلَا أُخْبِرُكُمْ بِأَهْلِ الْجَنَّةِ؟ قَالُوْا: بَلَى، قَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: كُلُّ ضَعِيفٍ مُتَضَعِّفٍ لَوْ أَقْسَمَ عَلَى اللهِ لَأَبَرَّهُ، ثُمَّ قَالَ: أَلَا أُخْبِرُكُمْ بِأَهْلِ النَّارِ؟ قَالُوْا: بَلَى، قَالَ: كُلُّ عُتُلٍّ جَوَّاظٍ مُسْتَكْبِرٍ

“”Maukah saya beritahukan kepada kalian tentang penghuni surga?” Para sahabat menjawab, “Tentu saja, wahai Rasulullah.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Mereka adalah orang yang lemah dan dianggap lemah oleh manusia, namun jika dia bersumpah atas nama Allah, maka pastilah Allah akan mengabulkan sumpahnya tersebut.” Kemudian beliau berkata, “Maukah saya beritahukan kepada kalian tentang penghuni neraka?” Para sahabat menjawab, “Tentu saja, wahai Rasulullah.” Beliau bersabda, “Mereka adalah setiap orang yang keras, kikir, gemar mengumpulkan harta, lagi sombong.”” (HR Muslim)

Referensi:
– Ad-Duruus Al-Yaumiyyah, Syaikh Dr. Rasyid bin Husain Al-‘Abdu Al-Karim
– Majaalisu Syahri Ramadhaan, Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin
– Az-Zuhd, Ibnul Mubarak


Sumber: Buletin Al-Ilmu edisi 45

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s