40 Fakta Menarik yang Perlu Diketahui tentang Maladewa (Maldive)

semestafakta-maldive flagPenghuni awal Maladewa kemungkinan datang sebelum tahun 500 BCE, dari Sri Lanka dan India Selatan. Pada abad ke-12, nelayan dari Afrika Timur dan negara Arab tiba di Maladewa.

2. Orang pertama yang menjajah Maladewa berasal dari India, tetapi tanggalnya tidak diketaui, dan diperkirakan terjadi pada sebelum tahun 269 SM. Kerajaan pertamanya didirikan oleh anak raja Kalinga di India. Raja sangat tidak menyukai anaknya, oleh karena itu dia dikirim ke Maladewa, yang kemudian sekarang dikenal sebagai Dheeva Maari. Putra mahkota yang bernama Sri Soorudasaruna Adeettiya yang bertanggungjawab mendirikan Dinasti Adeetta Maladewa. Terkenal dengan Dinasti Matahari, era ini berakhir dengan pernikahan ratu Dinasti Solar dengan putra mahkota Dinasti Bulan Kalinga.

semestafakta-maldive map

3. Maladewa dijajah Portugis antara tahun 1558 dan 1573. Maladewa di bawah perlindungan Belanda pada abad ke-17. Pada tahun 1887, Maladewa di bawah perlindungan Inggris sampai tahun 1965, ketika Maladewa mendapatkan kemerdekaan penuh dari Inggris.

4. Selama berabad-abad menganut sistem kesultanan, kemudian Maladewa mengadopsi bentuk republika pada tahun 1952 dan kesultanan diganti pada tahun 1954. Pada tahun 1968, melelaui referendum, republika berdiri. Pada Ibrahim Nasir, seorang presiden otoriter sejak 1968, digantikan oleh Maumoon Abdul Gayoom pada tahun 1978. Gayoom dipilih untuk masa enam lima tahun pada tahun 2003.

5. Nama resmi Maladewa adalah Republik Maladewa. Namun, nama panjang lokal yang resmi adalah Dhivehi Raajjeyge Jumhooriyyaa. Maladewa beribukota Male.

semestafakta-underwater meeting

6. Untuk menumbuhkan kesadaran tentang perubahan iklim, Maladewa mengadakan pertemuan kabinet yang diadakan di bawah laut pada tahun 2009. Inilah negara pertama di dunia yang melakukannya.

7. Ada 1.190 pulau karang yang tergabung dalam 26 atol (200 pulau berpenduduk ditambah 80 pulau dengan resort turis); kepulauan dengan letak strategis dan bersama dengan jalur utama laut di Samudera India. 95% Maladewa terdiri dari perairan.

8. Istilah “atoll” berasal dari bahasa Divehi, “Atholhu”, yang artinya “karang seperti cincin yang mengitari danau” dan istilah atol merupakan satu-satunya bahasa Inggris yang diambil dari bahasa Divehi.

9. Maladewa adalah negara terendah dan paling rata di dunia. Level paling dasar daratan di Maladewa adalah pada 1,5 m, dan titik tertingginya, yaitu di Pulau Villingili, berketinggian 2,3 dari permukaan laut. Karena letaknya yang rendah, Maladewa khawatir dengan kemungkinan tenggelam, karena perubahan iklim terus memberikan pengaruhnya.

10. Minuman keras dilarang kecuali di hotel dan resort, karena Maladewa adalah beragama Islam. Maladewa adalah negara muslim terkecil di dunia.

11. Maladewa dikenal dengan negara yang tidak toleran. Undang-undang Maladewa yang ditulis pada tahun 1997 menetapkan bahwa setiap warga negara Maladewa harus beragama Islam.

semestafakta-Thoddoo

12. Agama Buddha adalah agama yang dominan sebelum akhirnya pindah ke agama Islam pada abad ke-12. Pupau Thoddoo adalah tempat peninggalan Buddha penting. Kemudian Islam menjadi agama resmi negara Maladewa, dan konstitusi diamandemen pada tahun 2008 yang memasukkan pernyataan bahwa non Muslim tidak boleh menjadi warga negara Maladewa.

13. Bulan sabit dalam bendera Maladewa menyimbulkan agama Islam, warna hijau melambangkan pohon palm, dan latar belakang merah melambangkan darah yang ditumpahkan oleh pahlawan Maladewa.

14. Berbeda dengan di negara-negara lain yang libur mingguannya adalah hari Ahad. Di Maladewa hari libur setiap minggu jatuh pada hari Jum’at dan Sabtu.

15. Tingkat baca di Maladewa mencapai 98%, 100% anak-anak bisa merasakan sekolah dasar dan 99% bisa mengenyam pendidikan tinggi.

16. Bahasa Maladewa adalah bahasa Dhivehi.

semestafakta-maldive emblem

17. Pohon kelapa adalah simbol dari emblem Maladewa dan pohon nasional yang tumbuh hanya di pantai. Kayunya dipakai untuk membuat perahu Dhoni.

semestafakta-dhoni

18. Ikan terbesar di dunia mempunyai cagar alam resmi di tiga tempat di Maladewa. Maladewa adalah diantara sedikit negara di dunia dimana ikan hiu bisa ditemukan sepanjang tahun.

19. Ikan hiu Maladewa sangat terkenal di dunia dan menarik ribuan penyelam untuk mengunjungi Maladewa setiap tahunnya. maladewa sendiri dianggap sebagai surga bagi para penyelam. Terdapat banyak jenis hiu di Maladewa.

20. Pulau-pulau di Maladewa adalah berasal dari karang. Pasirnya yang berwarna putih menakjubkan. Pantai karang di Maladewa mewakili 5% dari pantai di dunia dan sebagian besar terdiri dari pasir kuarsa.

semestafakta-bodu beru

21. Musik tradisional Maladewa adalah Bodu Meru (genderang besar), yaitu musik tradisional berupa genderang yang merupakan peninggalan dari Afrika Timur beberapa abad yang lalu. Musik Bodu Meru sangat berirama dan terasa sukar difahami (transendental).

22. Orang Maladewa membangun rumahnya di atas karang. Rumah tradisional ini sekarang dilarang sejak sebagian besar karang dilindungi. Banyak rumah masih berdiri di pulau Male dan pulau-pulau lokal.

23. Maladewa mempunyai pulau terkecil di dunia, yang panjangnya hanya 6 km.

24. Burung beo menambah keindahan di pantai-pantai Maladewa. Pasir karang adalah hasil dari karang yang dimakan dan tidak tercerna.

semestafakta-Cowry 2

25. Berjuta-juta kerang Cowry bisa ditemukan di Maladewa. Kerang ini digunakan sebagai uang pada zaman pertengahan. Inilah mengapa pada uang koin Maladewa sekarang bergambar kerang.

26. Pulau Maladewa kemungkinan besar merupakan hasil dari rententan gunung berapi yang tenggelam yang terbentuk ribuan tahun.

27. Pada tahun 2008, Maladewa meraih peringkat sebagai Jenis Negara dengan pantai terbaik (Best Country Brand for Beach) dan Negara Terbaik untuk tempat beristirahat dan relaksasi (Best Country Brand for Rest and Relaxation). Juga menyandang peringkat kedua Jenis negara terbaik untuk keindahan alamnya (Best Country for Natural Beauty) dan peringkat ketiga jenis jenis negara terbaik dalam hal resort dan pilihan tempat penginapan (Best Country Brand for Resort and Lodging Options).

28. Paradise Island Resort adalah resort binatang lima yang berada di Pulau Paradise yang menurut penduduk lokal dengan dengan Lankanfinolhu, Maladewa. Dibuka pada November 1994 dan tepatnya di Atol Male Utara, yang jaraknya 9,6 km dari bandara internasional Male. pulau Paradise panjangnya 932 meter dan lebarnya 210 meter dengan total area 201.508 meter persegi.

semestafakta-Paradise Island Resortsemestafakta-Paradise Island Resort2semestafakta-Paradise Island Resort3

29. Gan adalah pulau paling selatan di Atol Addu (sebelumnya dikenal juga dengan Atol Seenu), juga pulau paling selatan Maladewa. Pulau ini relatif besar untuk standar Maladewa. Gan sekarang memiliki katering hotel untuk turis dan dihubungkan dengan jalan lintas di atas air yang menghubungkan pulau tetanggnya seperti pulau Feydu, Maradu, dan Hithadhoo.

semestafakta-gan island

30. Salah satu atraksi paling menarik para turis di Maladewa adalah Sultan Park, yang sekarang dibuka untuk umum, dibangun pada abad ke-16, di sisi selatan istana kerajaan yang direnovasi, di kota Male. Atraksi lainnya adalah Museum Nasional yang memajang benda-benda dari Arab, Sri Lanka, dan kebudayaan Dravida; Islamic Centre,dan masjid Jum’at Agung kubah emas. Masjid tertua, Hukuru Miski, adalah terkenal karena pahatan batunya yang menarik.

semestafakta-Hukuru Miskisemestafakta-Hukuru Miski2semestafakta-Sultan Parksemestafakta-Sultan Park2semestafakta-Sultan Park3semestafakta-the gold-painted Grand Friday mosque

31. Makanan Maladewa berbahan pokok nasi dan ikan. Ikan adakah sumber penting protein, makan sedikit sayur. Daun sirih dengan arekanut, cengkeh, dan kapur, yang dikenal dengan foh, dikunyah setelah makan. Orang tua menghisap guduguda, yaitu pipa yang dipanjangkan dan dicelupkan ke air. Kebanyakan makanan yang disajikan di resort turis adalah diimport. Minuman lokal, Raa, adalah tuak manis yang dibuat dari bunga pohon kelapa.

32. Pada 26 Desember 2004, terjadi tsunami hebat di Samudera India yang menghancurkan 12 negara Asia. Maladewa dilaporkan ada 82 korban kematian dan menderita kerusakan hebat. 14 pulau di Maladewa menjadi tak perpenghuni karena harus dievakuasi, dan 79 pulau menderita krisis air bersih.

33. Demam berdarah merupakan penyakit yang banyak menjangkit warga Maladewa. Pada tahun 2011 dilaporkan tigaratus orang dinyatakan mengidap demam berdarah dan lima diantaranya sampai meninggal dunia. Demam berdarah dan cikunguya adalah penyakit yang secara periodik terjadi di Maladewa. Keduanya disebabkan diakibatakn oleh gigitan nyamuk.

semestafakta-swiming pool in maldive

34. Di sebelah barat pupau Male, ada kolam renang unik, yang dibuat di dalam pemecah gelombang. Berada di Boduthakurufaanu Magu, berhadapan dengan State Electric Company Limited, orang Maladewa membuat kolam renang standar olimpiade, yang dipagari dengan ponton mengapung.

35. Maladewa adalah surganya olahraga air. Di samping renang ada olahraga air lainnya seperti ski air, menunggang boat berbentuk pisang banana boat ride), dan lainnya.

semestafakta-bannana boat ride

36. Collar Benny adalah spesies yang terdapat di batu karang di Maladewa, di sebelah barat samudera India. Binatang ini panjangnya bisa mencapai 4 cm.

37. Undholi adalah ayunan tradisional di Maladewa. Undholi biasanya berupa bangku kayu besar atau bisa juga jaring.

semestafakta-Undholi 2semestafakta-Undholi

38. Maladewa menciptakan cagar laut terbesar di dunia. Di pertemuan Rio+20, Maladewa mengumumkan akan membuat cagar laut terbesar di dunia untuk melindungi ikan dan buodiversiti. Jika ini terjadi maka maladewa menjadi satu-satunya negara yang melestarikan lingkungan perairan. Pembangunannya akan selesai pada tahun 2017.

39. Tingkat perceraian di Maladewa adalah yang tertinggi di dunia. Tingkatnya mencapai 10,97 perceraian per 1000 penduudk setiap tahunnya.

40. Maladewa adalah salah satu tempat paling aman di dunia. Tingkat kriminalitasnya hampir tidak ada di tempat resort pulau tersembunyi ini.


Sumber: http://www.semestafakta.wordpress.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s