Contoh Rancangan Pelaksanaan Pembelajaaran (RPP) KTSP

Hasil gambar untuk rpp ktspRENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Madrasah                         : ……………………………….

Mata Pelajaran                 : Al-Hadist

Kelas                                 : VIII/1

Guru                                  : ……………………………………

Tahun Pelajaran               : ……………………………………

Standar Kompetensi         : 1. Memahami dan mencintai Al-Hadist sebagai pedoman hidup

 Kompetensi Dasar          : 1. 1. Mengetahui hadist tentang tolong menolong

Indikator Kompetensi      : 1.1.1 Mendeskripsikan pengertian tolong menolong

                                             1.1.2 Menyebutkan hadist tentang tolong menolong

                                             1.1.3 Menuliskan hadist tentang tolong menolong

                                             1.1.4 Menghafal hadist tentang tolong menolong

                                             1.1.5 Menjelaskan hikmah yang terkandung dalam hadist                tentang tolong menolong

                                             1.1.6 Mempraktekkan hadist tentang tolong menolong dalam                                              kehidupan sehari-hari

Alokasi Waktu           : 1 x 45 menit

 

  1. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat menjelaskan pengertian tolong menolong
  • Setelah mengikuti pembelajaran, siswa dapat menghafal dan menjelaskan makna hadis yang terkait dengan tema isi kandungan surat atau ayat sesuai dengan tingkat perkembangan anak.
  • Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat mempraktekkan hadst tolong menolong dalam kehidupan sehari-hari
  1. MATERI PEMBELAJARAN

الـمسلم اخو الـمسلم لا يظلمه ولا يسلمه ومن كان في حاجة اخيه كان الله في حاجته ومن فرج عن مسلم كربة فرج الله عنه كربة من كربات يوم القيامة ومن ستر مسلما ستره الله يوم القيامة. (رواه البخاري عبد الله بن عمر(

“Seorang muslim itu saudara bagi muslim lainnya. Ia tidak boleh menganiaya dan tidak boleh menyerahkannya (kepada musuh). Barang siapa membantu keperluan saudaranya, Allah akan (membalas) membantu keperluannya. Barang siapa membebaskan seorang muslim dari kesusahan, Allah akan membebaskan satu kesusahan darinya dari beberapa kesusahan pada hari kiamat. Barang siapa menutupi (aib) seorang muslim, Allah akan menutupi (aib) nya pada hari kiamat. (H.R. al-Bukhari dari Abdullah Ibnu Umar No. 2262).

Kandungan Hadist

Hadist diatas menjelaskan bahwa seorang muslim satu dengan yang lain adalah saudara. Oleh karena itu, sesama muslim tidak boleh saling menzalimi. Bahkan, sesama muslim harus saling membantu.

  1. METODE PEMBELAJARAN
  • Penugasan
  • Tanya jawab
  • Diskusi
  1. MEDIA/ALAT
  • Film /Slide “ Tolong Menolong Antar Sesama Manusia”
  • Gambar Ilustrasi “Tolong Menolong Antar Sesama Manusia”
  • LCD, Proyektor
  1. SUMBER BELAJAR
  • Shahih Bukhari, No. 2262
  • Tarbiyah “Al-Qur’an Hadist, Kelas VIII, CV. Pandu Karya
  1. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
  • ® Pendahuluan
  • Guru melakukan salam dan berdoa bersama siswa sebelum membuka pelajaran
  • Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang ada kaitannya antara materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari

 

  • ® Inti

Eksplorasi

  • Bersama guru, siswa membaca dan menterjemahkan hadist tentang tolong menolong
  • Guru menjelaskan isi kandungan hadist tentang tolong menolong

Elaborasi

  • Siswa membentuk kelompok kecil untuk mendiskusikan materi hadist tentang tolong menolong
  • Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memahami terlebih hadist tentang tolong menolong
  • Siswa mempresentasikan hasil diskusi secara bergantian, siswa yang lain mendengarkan dan memberi tanggapan.

Konfirmasi

  • Guru memberikan tanggapan dari pendapat siswa mengenai hadist tentang tolong menolong
  • Guru memberikan penguatan mengenai makna hadist tentang tolong menolong.
  • Guru bertanya jawab denagn siswa mengenai hal yang belum dipahami.
  • ® Penutup
  • Guru bersama siswa menarik kesimpulan hadist tentang tolong menolong
  • Kegiatan diakhiri dengan mengucapkan hambdallah secara bersama-sama.
  1. PENDIDIKAN BERKARAKTER
  • Peduli Sosial
  1. EVALUASI
  2. Teknik Penilaian
  • Tes Tertulis
  • Observasi
  • Tes Lisan
  1. Bentuk Instrumen
  • Essai
  • Lisan
  • Pengamatan
Teknik Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen
Tes Tulis Jawaban Singkat / Uraian Apa pengertian dari tolong menolong?
Tes Tulis Jawaban Singkat / Uraian Sebutkan hadist yang terkait dengan  tolong menolong ?
Tes Tulis Jawaban Singkat / Uraian Tuliskan hadist yang terkait dengan tolong menolong
Tes Lisan Daftar Pertanyaan Hafalkan hadist tentang tolong menolong?
Tes Tulis Jawaban Singkat / Uraian Sebutkan hikmah yang terkandung dalam hadist tentang tolong menolong?
Pengamatan Portofolio Bagaimana cara kita mempraktekkan hadist tentang tolong menolong dalam kehidupan sehari-hari ?

 

Lembaran Penilaian Sikap

Nama siswa yang diamati : …………………………….., kelas ……………

 

 

No

 

Perilaku / sikap

Muncul/ dilakukan
Ya Tidak
1 Bertutut Kata Baik
2 Mau menegur teman ketika melakukan kesalahan
3 Mau menerima pendapat teman
4 Mau menerima kritik dari teman
5 Melerai teman yang sedang berkelahi
6 Mau megakui kesalahan diri sendiri
7 Mau memberi saran yang baik kepada teman
8 Dst

Mengetahui                                                                                 Pekalongan, ………………….

Kepala Madrasah                                                                       Guru Bidang Hadist

……………………..                                                                         ……………………………………

NIP.                                                                                          NIP.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s