Do’a Agar Diberi Kesabaran dan Kemenangan

Oleh: Rudi Hendrik, jurnalis Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

رَبَّنَآ أَفۡرِغۡ عَلَيۡنَا صَبۡرً۬ا وَثَبِّتۡ أَقۡدَامَنَا وَٱنصُرۡنَا عَلَى ٱلۡقَوۡمِ ٱلۡڪَـٰفِرِينَ

Artinya, “Ya Tuhan kami, tuangkanlah kesabaran atas diri kami, dan kokohkanlah pendirian kami dan tolonglah kami terhadap orang-orang kafir.” (QS. Al-Baqarah [2] ayat 250).

Doa di atas berkaitan dengan kisah Raja Thalut ketika menghadapi pasukan Jalut yang lebih perkasa dan lebih banyak jumlahnya. Maka Thalut berdoa kepada Allah dengan membaca doa di atas.

Doa yang dibaca Thalut adalah salah satu solusi yang diberikan Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada kita agar menjadikan Allah sebagai satu-satunya tempat meminta pertolongan terhadap golongan lain yang ingin menghancurkan Islam dan Muslimin.

Memohon kesabaran sangat penting dalam menghadapi serangan dan tekanan dari musuh. Banyak suatu kaum yang tidak bersabar harus mengalami kehancuran. Sebab, kesabaran yang kuat akan mengundang pertolongan Allah dan akan melemahkan kekuatan musuh dengan membuat mereka merasa putus asa.

Demikian pula memohon kekokohan pendirian sangat penting. Kokoh keyakinan bahwa pertolongan Allah pasti akan datang kepada orang-orang yang beriman dan beramal saleh. Pertolongan Allah sulit datang bagi orang-orang yang tidak memiliki keyakinan iman yang kuat. (RI-1/RS1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s