PTKIN Sediakan Kuota 111.000 Mahasiswa Baru

Hasil gambar untuk PENDAFTARAN UM-PTKIN 2017Perguruan Tinggi Keagaam Islam Negeri (PTKIN) membuka penerimaan mahasiswa baru. Tahun ini, kuotanya 111.000 mahasiswa baru. Kuota ini disebar ke 56 PTKIN se-Indonesia.

Kuota tersebut lebih besar bila dibandingkan penerimaan mahasiswa tahun lalu 92.187 mahasiswa baru.

Ketua Umum Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) dan Ujian Masuk (UM) PTKIN, Prof Abd A’la mengatakan, tahun ini SPAN PTKIN menyediakan kuota sebanyak 65.000 mahasiswa baru. Sedangkan, UM PTKIN menyediakan kuota 46.000.

“Kami targetkan pendaftar SPAN sekamir 135.000, sementara pendaftar UM PTKIN ditarget 85.000,” jelasnya, Rabu (8/2/2017).

Dikatakannya, tahapan jalur SPAN PTKIN sudah dibuka sejak Kamis (2/2/2017) dengan pengisian pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS).

Proses ini ditutup 3 Maret mendatang untuk selanjutnya, dilakukan pendaftaran siswa pada 4 Maret sampai 7 April. Sedangkan proses seleksi dilakukan 13-26 April.

Hasil penilaian bagi yang lolos disampaikan 1 Mei, dan daftar ulang dibuka 23 Mei.

Untuk UM PTKIN, pendaftaran dibuka 10 April sampai 10 Mei. Pelaksanaan ujian pada 23 Mei, dan pengumuman hasil seleksi pada 19 Juni.

“Tahun ini, UM PTKIN selenggarakan computer based test (CBT) dan paper based test (PBT),” ujar A’la yang juga Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya ini.

Dia melanjutkan, kuota pendaftar CBT yang disediakan minimal 1.000 peserta, maksimal 1.500 pendaftar. A’la menyatakan, sekamir 15 PTKIN siap menyelenggarakan UM dengan CBT. Saat ini tengah dilakukan proses verifikasi dan survei lapangan calon penyelenggara UM PTKIN dengan CBT.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s