10 Tempat Menakjubkan Untuk Traveling di Pekalongan

Hasil gambar untuk PEKALONGAN world's cityPekalongan adalah nama sebuah daerah yang berada di pesisir pantai utara pulau Jawa. Untuk itu daerah ini menjadi salah satu kawasan yang dilewati jalur Pantura yang mana menghubungkan Jakarta-Semarang hingga Surabaya. Pekalongan sendiri terbagi menjadi kabupaten dan kota dengan batas utara Laut Jawa sedangkan di sekelilingnya ada kabupaten Batang, Banjarnegara dan Pemalang.

Nama Pekalongan diambil dari kata Kalong yaitu sejenis kelelawar. Namun bukan berarti daerah ini banyak kelelawarnya, melainkan dulu Bupati Kendal yang pertama pernah melakukan tapa ngalong atau bertapa dalam posisi terbalik seperti kelelawar sebelum mendirikan daerah Pekalongan ini. Ditinjau dari sisi pariwisata, Pekalongan punya banyak potensi yang besar untuk menjadi destinasi wisata. Yuk, ikuti Travelingyuk menjelajahi tempat-tempat mengagumkan di wilayah ini.

1. Bukit Pawuluhan, Tempat Dimana Kamu Berada Lebih Tinggi Ketimbang Awan

Sebuah tempat di Kabupaten Pekalongan yang bikin kamu berada lebih tinggi ketimbang awan, inilah Bukit Pawuluhan. Bukit ini berada di wilayah desa Gembong, kecamatan Kandangserang, bisa traveler tempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor dari pusat kota sekitar 3 jam. Rute menuju ke tempat ini cukup menantang sehingga disarankan untuk membawa motor yang prima untuk berkendara kesana.

Bukit Pawuluhan, via instagram
Bukit Pawuluhan, via instagram

Bukit ini menjadi spot menarik anak muda yang hobi bertualang. Pendakian ke puncaknya dari desa terdekat membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Waktu terbaik mendaki adalah dini hari sembari menunggu matahari terbit di puncaknya yang mana kata traveler yang sudah pernah trekking ke puncak mengatakan bahwa golden sunrise bisa disaksikan dari sana. Namun fenomena yang paling keren adalah kabut putih di lembah bukit yang membuat traveler serasa berada di atas awan.

2. Pasir Kencana Beach, Tempat Wisata Andalan Kota Pekalongan

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa Pekalongan secara administratif terbagi kedalam dua wilayah yakni kabupaten dan Kota. Kota Pekalongan sendiri letaknya ada di ujung utara sehingga daerah ini punya sumber daya pantai. Salah satu yang menjadi andalan untuk menggaet wisatawan adalah Pantai Pasir Kencana.

Pasir Kencana Beach, via instagram
Pasir Kencana Beach, via instagram

Pantai ini menjadi salah satu tumpuan utama pariwisata di Kota Pekalongan. Selain lokasinya dekat dengan pusat kota hanya sekitar 4 km, pantai ini juga memiliki beragam fasilitas seperti jembatan kanal, batu pembatas ombak dan juga panggung hiburan. Di pantai ini juga terdapat semacam miniatur Seaworld,berupa akuarium yang mengoleksi berbagai macam biota laut.

3. Curug Bajing, Air Terjun Bertingkat yang Memikat

Kembali lagi ke Kabupaten Pekalongan, tepatnya berada di desa Tlogopakis, kecamatan Petungkriyono terdapat sebuah air terjun bertingkat yang begitu memikat. Namanya adalah Curug Bajing, air terjun setinggi 70 meter dan terletak di kawasan pegunungan dengan ketinggian kurang lebih 1300 mdpl.

Curug Bajing, via instagram
Curug Bajing, via instagram

Posisinya yang cukup tinggi membuat suhu udara di sekitar kawasan air terjun begitu dingin begitu pula dengan airnya. Untuk menikmati keindahan air terjun bertingkat ini traveler harus trekking sekira 15 menit dari tempat parkir setelah sebelumnya membayar retribusi parkir Rp. 2 ribu untuk motor dan Rp. 3 ribu untuk mobil serta Rp. 5 ribu untuk tiket masuk kawasan wisata.

4. Taman Hutan Mangrove Pekalongan, Ekowisata Asyik yang Sarat Dengan Nilai Edukasi

Kota Pekalongan mempunyai kawasan ekowisata mangrove yang cukup luas dan mengagumkan yang wajib kamu singgahi. Adalah Taman Hutan mangrove Pekalongan yang terletak di kelurahan Kandang Panjang, kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan. Kehadiran taman mangrove yang tergolong baru ini selain untuk kebutuhan rekreasi juga menjadi wahana untuk mengajak masyarakat turut serta dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Taman Hutan Mangrove Pekalongan, via instagram
Taman Hutan Mangrove Pekalongan, via instagram

Berbagai fasilitas pun telah dibangun seperti jalur pejalan untuk menyaksikan indahnya pemandangan, menara pandang, shelter serta area pembibitan bakau sebagai tempat praktek. Pengunjung yang datang ke Taman Hutan Mangrove ini bisa menyewa banana boat untuk berkeliling hutan dengan tarif Rp. 10 ribu per kepala.

5. Desa Wisata Lolong Dengan Sungai Sengkarang yang Menantang

Kalau kamu sedang liburan di Kabupaten Pekalongan jangan lewatkan untuk mampir ke Desa Wisata Lolong yang terletak di sebelah tenggara kecamatan Kajen atau tepatnya di kecamatan Karanganyar berjarak sekitar 34 kilometer dari pusat kota.

Desa Wisata Lolong Dengan Sungai Sengkarang yang Menantang, via instagram
Desa Wisata Lolong Dengan Sungai Sengkarang yang Menantang, via instagram

Desa wisata ini memiliki suguhan wisata menantang untuk para petualang yaitu arung jeram. Arung jeram ini dilakukan di Sungai Sengkarang yang mengalir melewati desa Lolong dengan lebar sekitar 60 meter dan banyak sekali jeramnya. Datanglah pada musim durian, sebab setiap tahun desa ini selalu mengadakan festival durian yang menggiurkan.

6. Museum Batik Tentu Tidak Boleh Dilewatkan Mengingat Pekalongan Terkenal dengan Batiknya

Kota Batik di Pekalongan, bukan Jogja eh bukan Solo, dari lirik lagu itu saja kita semua sudah tahu jika Pekalongan memang kotanya batik Indonesia. So, rugi dong jika kamu berada di kota ini namun tidak berkunjung ke museum batik.

Museum Batik, via instagram
Museum Batik, via instagram

Museum Batik Pekalongan bisa kamu jumpai di Jalan Jetayu No.1 Pekalongan. Museum ini menampung ratusan koleksi batik dari yang paling jadul hingga yang modern dengan berbagai corak dan karakter. Enaknya lagi tiket masuk ke museum ini cukup terjangkau dan kamu pun sudah bisa melihat koleksi batik serta menambah wawasanmu mengenai kain tradisional ini.

7. Kebun Teh Jolotigo, Satu-Satunya Kebun Teh di Pekalongan Untuk Rekreasi yang Menenangkan

Ingin lari dari sumpeknya kehidupan kota? Datang saja ke Kebun Teh Jolotigo. Kebun teh ini terletak di desa Jolotigo, kecamatan Talun dan menjadi satu-satunya kebun teh di Kabupaten Pakalongan. Letaknya di daerah pegunungan sehingga menyuguhkan panorama yang asri, udara yang sejuk serta suasana yang sepi.

Kebun Teh Jolotigo, via instagram
Kebun Teh Jolotigo, via instagram

Untuk menuju ke kebun teh ini kamu harus menyiapkan kendaraan yang fit, sebab kondisi jalan menuju kesana cukup sulit. Sesampainya di desa Jolotigo matamu akan dibuat tidak bisa berkedip melihat hamparan kebun teh yang subur serta hutan pohon pinus yang menyegarkan. Jika kamu punya cukup banyak waktu jelajahi pedalaman Desa Jolotigo dan temukan permata lainnya berupa air terjun serta patung Ganesha yang cakep.

8. Puncak Tugu, Keindahan Alam Pekalongan Dari Ketinggian Yang Bikin Termangu

Selain Bukit Pawuluhan di kecamatan Kandangserang, kamu pun bisa melihat pemandangan Pekalongan dari ketinggian via Puncak Tugu. Tempat ini terletak di kecamatan Petungkriyono, kecamatan yang sama dimana Curug Bajing berada. Puncak Tugu sendiri merupakan nama yang diberikan lantaran di daerah ini terdapat tugu trianggulasi peninggalan Belanda.

Puncak Tugu, via instagram
Puncak Tugu, via instagram

Butuh trekking yang cukup melelahkan untuk menggapai ke puncaknya. dari base camp di desa Yosorejo saja traveler butuh waktu sekitar 45 menit untuk sampai di pintu masuk jalur pendakian. Setelah itu trekking kembali berlanjut untuk sekitar 60-90 menit perjalanan kaki barulah kamu tiba di lokasi. Pemandangan dari puncak ini sangat indah.

9. Pantai Depok di Pekalongan Tak Kalah Indah Dari Pantai Depok di Bantul

Selama ini kita mengenal Pantai Depok itu berada di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Ternyata pantai dengan nama yang sama juga bisa kita jumpai di Pekalongan. Pantai ini bisa traveler jumpai di Desa Depok, Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan.

Pantai Depok, via instagram
Pantai Depok, via instagram

Panti Depok menjadi salah satu tujuan favorit warga sekitar lantaran memiliki fenomena sunset yang indah. Di samping itu pantai ini juga memiliki ombak yang tenang sehingga memanjakan traveler untuk bermain air tanpa khawatir terseret ombak laut. Di pinggir pantainya terdapat banyak pohon kelapa yang menambah sisi romantis pantai ini untuk berdua dengan pasangan.

10. Curug Muncar, Bukan Hanya Purworejo Saja yang Punya, Pekalongan Juga Ada

Selain kabupaten Purworejo, Curug Muncar juga ada di kabupaten Pekalongan. Keduanya sama-sama keren dan bikin traveler kesengsem dengan indahnya alam dan terjunan airnya. Untuk Curug Muncar di Pekalongan, bisa traveler jumpai di desa Curug Muncar, kecamatan Petungkriyono.

Curug Muncar, via instagram
Curug Muncar, via instagram

Kalau kamu berkendara dari Kajen, ibukota kabupaten Pekalongan jaraknya hanya 30 kilometer yang artinya bisa kamu tempuh kurang dari satu jam. Curug Muncar ini berada di kawasan hutan milik Perhutani yang menawarkan pemandangan alam yang masih alami dan asri.

Itulah tadi tempat-tempat mengagumkan di Pekalongan yang layak kamu masukkan daftar kunjungan. Bisa jadi masih banyak tempat keren lain di daerah ini yang belum Travelingyuk sebutkan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s