Ramalan Zodiak Adalah Syirik

Hasil gambar untuk ZODIAK ADALAH SYIRIKSeringkali kita melihat banyak orang yang membaca ramalan bintang (ramalan zodiak) entah itu melalui berbagai majalah, atau melalui berbagai media elektronik dan sebagainya. Nah, sebenarnya menurut Islam bolehkah hal tersebut dilakukan? Apakah hukumnya? Bagaimana konsekuensinya?

Ramalan Zodiak Termasuk Sihir

Secara umum dapat dikatakan bahwa ramalan zodiak adalah syirik (menyekutukan Allah). Bahkan termasuk syirik yang besar, karena hanya Allah yang mengetahui hal ghaib, apa yang akan terjadi esok hari, apa yang akan menjadi rezeki seseorang, dan seterusnya. Padahal kalau kita mau membaca al-Qur’an sedikit saja, akan kita temui bahwa hanya Allah-lah yang mengetahui hal ghaib, apa yang akan terjadi esok hari, apa yang akan didapat seseorang esok lusa, dan seterusnya.

Dalam sebuah ayat Allah berfirman,

قُلْ لَا يَعْلَمُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ الْغَيْبَ إِلَّا اللَّهُ

Katakanlah: “Tidak ada seorangpun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang ghaib, kecuali Allah” (QS. An Naml: 65).

Ramalan zodiak adalah merupakan salah satu cabang sihir, dan dalam agama Islam perbuatan sihir merupakan sebuah dosa besar. Dalilnya adalah  sebuah hadits yang shahih yang diriwayatkan dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنِ اقْتَبَسَ عِلْمًا مِنَ النُّجُومِ اقْتَبَسَ شُعْبَةً مِنَ السِّحْرِ زَادَ مَا زَادَ

Barangsiapa mengambil ilmu perbintangan, maka ia berarti telah mengambil salah satu cabang sihir, akan bertambah dan terus bertambah.

HR. Abu Daud no. 3905, Ibnu Majah no. 3726 dan Ahmad 1: 311. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits tersebut hasan.

Konsekuensi Ramalan Zodiak

Bagi mereka yang tetap melanggar dan memaksa diri untuk tetap membaca ramalan zodiak, maka ada konsekuensi yang harus siap ditanggungnya. Dan konsekuensinya bukan main beratnya, sehingga berpikirlah berkali-kali (baca: jangan pernah) mencoba untuk membaca ramalan zodiak.

Konsekuensi pertama, bagi mereka yang membaca ramalan zodiak sekedar untuk ingin tahu, bisa jadi shalat mereka tidak akan diterima selama 40 (empat puluh) hari lamanya sejak dia membaca ramalan zodiak tersebut. Disebutkan dalam sebuah hadits,

مَنْ أَتَى عَرَّافًا فَسَأَلَهُ عَنْ شَىْءٍ لَمْ تُقْبَلْ لَهُ صَلاَةٌ أَرْبَعِينَ لَيْلَةً

Barangsiapa yang mendatangi tukang ramal, maka shalatnya selama 40 hari tidak diterima.” (HR. Muslim no. 2230)

Perhatikan bahwa di sini Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan konsekuensi tidak diterima shalatnya sebagai akibat dari mendatangi tukang ramal. Hanya dari mendatangi tukang ramal. Ini bisa dikiyaskan (diserupakan) dengan membaca ramalan zodiak jika di masa sekarang.

Adapun konsekuensi kedua, bisa jadi kufur atau keluar dari Islam jika mempercayai ramalan bintang tersebut. Disebutkan dalam hadits,

مَنْ أَتَى كَاهِناً أَوْ عَرَّافاً فَصَدَّقَهُ بِمَا يَقُولُ فَقَدْ كَفَرَ بِمَا أُنْزِلَ عَلَى مُحَمَّدٍ

Barangsiapa yang mendatangi dukun atau tukang ramal, lalu ia membenarkannya, maka ia berarti telah kufur pada Al Qur’an yang telah diturunkan pada Muhammad.” (HR. Ahmad no. 9532, hasan)

Konsekuensi ini lebih berat dari sebelumnya, membuat pelakunya keluar dari Islam. Hal ini berarti keislamannya hilang, bahkan amal-amalnya bisa terhapus karena perbuatan syirik yang dilakukannya tersebut (membenarkan ramalan bintang/ramalan zodiak).

Sebuah pengecualian bagi mereka yang membaca, adalah jika niat membacanya untuk membantah kebatilan (kebohongan) dari ramalan zodiak yang menyebar luas di tengah-tengah ummat, maka hal ini dibolehkan bahkan merupakan salah satu bagian dari dakwah tauhid. Semoga Allah menjauhkan kita dari syirik yang terang dan samar di sekitar kita.

Referensi

https://muslim.or.id/7970-hukum-membaca-ramalan-bintang-zodiak-dan-shio.html

https://muslimah.or.id/104-mari-sejenak-berbicara-tentang-zodiak.html

https://rumaysho.com/688-dosa-besar-akibat-membaca-ramalan-bintang.html

Sumber: https://isyhadu.com/46-ramalan-zodiak-adalah-syirik.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s